Posted August 21, 2017 by alni in BAN-PT

ITB Melaksanakan Program Perguruan Tinggi Asuh 2017

Pada Tahun 2017, ITB menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang mendapatkan mandat untuk membina Sistem Penjaminan Mutu beberapa Perguruan Tinggi Lainnya di Indonesia.

Mandat ini diberikan atas dasar rekam jejak ITB dalam mengimplementasikan program SPMI di bidang akademis yang sejalan dengan SPME, yaitu akreditasi, baik akreditasi nasional BAN-PT dan juga akreditasi Internasional. Hingga saat ini, program studi di ITB yang telah meraih akreditasi BAN-PT dengan nilai A adalah 80% dari total jumlah prodi di ITB. Selain itu, 25 program studi telah terakreditasi dari berbagai lembaga akreditasi internasional seperti; ABET, ASIIN, RSC, ABEST21 dan KAAB.

Sistem penjaminan mutu internal ITB menggunakan pendekatan PDCA. Pendekatan ini digunakan pada berbagai aspek dalam menjalankan bisnis process di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Khusus di bidang pendidikan, pendekatan PDCA dilakukan  berupa perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi pada setiap kegiatan pendidikan serta perbaikan berkelanjutan pada aspek yang standar mutunya masih kurang sesuai dengan target standar mutu yang telah ditetapkan. I

Pengetahuan dan pengalaman ITB dalam mengembangkan SPMI melalui pendekatan PDCA akan dibagikan kepada 8 PTS terpilih dan 21 program studi. Pemilihan PTS yang akan diikutsertakan dalam program asuh ini dilakukan melalui diskusi dengan KOPERTIS Wilayah IV Jawa Barat. Selain itu, juga mencermati nilai peringkat universitas yang dikeluarkan oleh Kementerian Ristek DIKTI tahun 2015. Seluruh PTS yang akan diikutsertakan dalam program ini adalah PTS yang berada di kluster 3 dan 4 dengan jumlah prodi sebanyak 21 prodi. Prodi-prodi terpilih tersebut umumnya adalah prodi di bidang Teknik dan MIPA. PTS yang terpilih antara lain sebagai berikut :

  1. Universitas Kuningan
  2. Universitas Garut 
  3. Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  4. Universitas Sangga Buana YPKP
  5. Universitas Al-Ghifari
  6. Universitas Bale Bandung
  7. Universitas Kebangsaan
  8. Politeknik Negeri Batam

Pada tanggal 25-26 Juli 2017 Program PT Asuh diawali dengan penandatanganan MoU antara ITB dengan 8 Perguruan Tinggi Asuh yang bertujuan agar adanya komitmen para pimpinan perguruan tiggi partner dengan ITB untuk menjalankan penjaminan mutu internal dan akan diuji melalui akreditasi eksternal.

Program perguruan tinggi asuh ini akan dilaksanakan melalui beberapa kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut difokuskan pada pengembangan SPMI berdasarkan hasil analisis capaian akreditasi BAN-PT dan tingkat ketercapaian standar pada SPMI sebelumnya. Selain pengembangan standar mutu, panduan pencapaian mutu juga akan dikembangkan. Diharapkan melalui panduan pencapaian mutu ini, maka standar SPMI diharapkan dapat dipenuhi secara bertahap.  Dengan demikian, standar-standar pada akreditasi BAN-PT diharapkan dapat dipenuhi pula sehingga meningkatkan hasil akreditasi.

Dua program utama telah dipilih untuk mencapai tujuan tersebut, yaitu:

  1. Pengembangan Sistem SPMI untuk SPME
  2. Pendampingan Tim Penjaminan Mutu Universitas

SPMI yang telah diimplementasikan telah sejalan dengan sistem akreditasi BAN-PT, bahkan telah sejalan pula dengan sistem akreditasi internasional. Pengalaman ini akan ditularkan kepada 8 perguruan tinggi swasta terpilih, melalui pengembangan SPMI di universitas tersebut. Diharapkan mutu program studinya meningkat pula yang tercermin dari peningkatan nilai akreditasi BAN-PT.