Posted November 2, 2017 by estiyanti in ABET

Rekor Nasional: Akreditasi ABET untuk Sepuluh Program Studi ITB

Pada Bulan Oktober 2017, Institut Teknologi Bandung secara resmi meraih akreditasi ABET untuk sepuluh Program Studi Sarjana sebagai berikut:

  1. Program Studi S-1 Teknik  Elektro (STEI)
  2. Program Studi S-1 Teknik  Kimia (FTI)
  3. Program Studi S-1 Teknik  Fisika (FTI)
  4. Program Studi S-1 Teknik  Industri (FTI)
  5. Program Studi S-1 Teknik  Kelautan (FTSL)
  6. Program Studi S-1 Teknik  Sipil (FTSL)
  7. Program Studi S-1 Teknik  Lingkungan (FTSL)
  8. Program Studi S-1 Teknik  Perminyakan (FTTM)
  9. Program Studi S-1 Manajemen Rekayasa Industri (FTI)
  10. Program Studi S-1 Teknik Pertambangan Opsi Tambang Umum (FTTM)

Bagi delapan program studi pertama, ini merupakan siklus re-akreditasi internasional mereka, sedangkan untuk dua program studi terakhir, ini merupakan akreditasi pertama.

Bagi ITB, tahun 2017 mencatat peraihan akreditasi Internasional terbanyak, yaitu 10 Akreditasi ABET dan 3 akreditasi ASIIN bagi Program Studi S1 Teknik Mesin, S1 Aeronautika dan Astronotika serta S1 Teknik Material FTMD.

Re-akreditasi bagi 8 program studi di ITB ini menunjukkan komitmen dan konsistensi ITB dalam membangun pendidikan berbasis outcome yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap memenuhi kebutuhan masyarakat. Bagi program studi teknik di ITB, menata pendidikan teknik agar berbasis kemampuan desain keteknikan dan menumbuhkan kemampuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat umum dan industri di Indonesia maupun pada tingkat dunia adalah suatu keniscayaan.

Selamat untuk seluruh jajaran Program Studi S1 yang meraih akreditasi ABET, semoga prestasi yang telah dicapai menjadi pemacu semangat untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas dunia.