Posted April 11, 2017 by estiyanti in JABEE

Prodi S1 Teknik Metalurgi FTTM ITB Meraih Akreditasi JABEE

Pada tanggal 10 April 2017, Program Studi S1 Teknik Metalurgi Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB secara resmi terakreditasi oleh Japanese Accreditation Board Engineering Education (JABEE). Pengakuan ini dikukuhkan dalam Upacara Penyerahan Sertifikat Akreditasi JABEE yang berlangsung di Ruang Rapim A Gedung CCAR ITB. Pada acara tersebut, Rektor ITB – Prof. Kadarsah Suryadi didampingi oleh Dekan FTTM ITB – Prof. Sri Widyantoro, Ketua Program Studi S1 Teknik Metalurgi, Dr. Akhmad Ardian Korda dan Ketua Tim Satgas Akreditasi S1 Teknik Metalurgi – Dr. Zaki Mubarok menerima Sertifikat Akreditasi JABEE dari Executive Managing Director of JABEE – Dr. Yasuyuki Aoshima. Upacara ini juga dihadiri oleh seluruh seluruh dosen Program Studi S1 Teknik Metalurgi ITB.

Acara dibuka oleh Ketua Satuan Penjaminan Mutu ITB Dr. Pepen Arifin, dilanjutkan oleh sambutan oleh Rektor ITB Prof Kadarsah Suryadi. Pada sambutannya, Prof. Kadarsah menyampaikan bahwa upaya meraih akreditasi internasional ini merupakan bentuk komitmen ITB pada perbaikan berkelanjutan ITB di bidang Akademik.

_P2Y4149

Puncak acara adalah Penyerahan Sertifikat Akreditasi kepada Rektor ITB dan tim FTTM ITB, dan dilanjutkan dengan Kuliah Umum dari Dr. Yasuyuki Aoshima tentang “Japanese Engineering Education and Washington Accord”. Pada kuliah ini Dr. Aoshima menjabarkan tentang sejarah perkembangan pendidikan teknik di Jepang sampai dengan menjadi salah satu “Washington Accord Signatory Countries”. Untuk memenuhi persyaratan Washington Accord, pendidikan teknik di Jepang harus merubah paradigma dari sains aplikasi, menuju pendidikan teknik yang berbasis pada desain dan pemenuhan beragam batasan operasional keteknikan.

Pada penutupan acara, Ketua SPM ITB Dr Pepen Arifin menyampaikan bahwa bagi ITB, Akreditasi JABEE bagi Program Studi S1 Teknik Metalurgi menggenapkan jumlah program studi di ITB yang terakreditasi Internasional menjadi 25 program. Hal ini menegaskan komitmen ITB untuk mengembangan pendidikan berbasis outcome yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap memenuhi kebutuhan masyarakat. Bagi program studi teknik di ITB, menata kembali pendidikan teknik agar berbasis kemampuan desain keteknikan sangatlah relevan untuk memenuhi kebutuhan masarakat dan industri di Indonesia.

Selamat untuk seluruh jajaran Program Studi S1 Teknik Metalurgi dan FTTM ITB, semoga prestasi yang telah dicapai menjadi pemacu semangat untuk menghasilkan pendidikan yang berkualitas dunia.