SPMI

Penjaminan mutu pendidikan tinggi di perguruan tinggi adalah proses penetapan, pemenuhan, pengendalian, dan pengembangan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga stakeholders (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah, dosen, tenaga penunjang, serta pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Tujuan penjaminan mutu pendidikan tinggi adalah memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan oleh suatu perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.

Karena itu, agar SPM dan SPMI tingkat ITB dapat dijalankan dengan baik, maka diperlukan SPMI tingkat Fakultas/Sekolah serta tingkat Prodi. Oleh karena itu, bersamaan dengan penyusunan SPMI tingkat institut, disusun pula SPMI tingkat F/S dan Prodi oleh masing-masing GKM F/S.

Agar SPMI ini bisa diimplemetasikan, disusun pula standar pelayanan minimum/standar akademik ITB sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses pendidikan. Evaluasi proses pendidikan ini akan dilakukan melalui asesmen prodi. Instrumen asemen prodi disusun oleh satgas adhoc dan siap diimplementasikan.