SPME

Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) atau Akreditasi, kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi. Dengan demikian, akreditasi program studi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan program studi, sedangkan akreditasi perguruan tinggi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan perguruan tinggi.

SPME atau akreditasi merupakan salah satu subsistem dari SPM ITB di samping SPMI dan PD Dikti. SPME atau akreditasi dilakukan melalui penilaian terhadap luaran penerapan SPMI oleh perguruan tinggi untuk penetapan status terakreditasi dan peringkat terakreditasi program studi dan/atau perguruan tinggi.

Di ITB, kegiatan SPME meliputi koordinasi kegiatan asesmen dan akreditasi yang dilaksanakan oleh badan asesmen / akreditasi nasional maupun internasional terhadap institusi maupun program studi di lingkungan Institut Teknologi Bandung.

Program kerja Sistem Penjaminan Mutu Eksternal  ditetapkan berdasarkan Program Strategis Utama dan Sasaran ITB Tahun 2011-2015 pada SK Rektor No. 271/SK/ I1.A/PR/2011. Program Strategis Utama ITB yang terkait SPME adalah sebagai berikut:

Memperoleh  akreditasi  internasional  bagi  program  studi  (  RENSTRA  ITB  Bidang Pendidikan 2.4)

Indikator :  jumlah program studi yang terakreditasi oleh lembaga akreditasi  internasional.

Target  pada  kegiatan  tersebut  pada  tahun  2015  : 10 program studi.

Selain  program  strategis  utama  ITB,  Program  strategis  ITB  lainnya  yang  melibatkan  peran dan fungsi SPM adalah:

Memperoleh  akreditasi  nasional  bagi  program  studi  (RENSTRA  ITB  Bidang  Pendidikan 2.5)

Indikator : jumlah program studi S1, S2 dan S3 terakreditasi nasioal (BAN PT).

Target tahun 2015 :  85% prodi terakreditasi A oleh BAN PT.

Untuk mewujudkan program tersebut, maka SPME menyediakan informasi dan layanan pembimbingan dan koordinasi untuk persiapan akreditasi nasional dan internasional. Informasi tersebut dapat diunduh melalui tautan berikut: